Wednesday, March 8, 2017

Mengenal Sistem Pendukung Keputusan dan contoh penerapannya

Tags

Asalamualaikum Wb.Wb Jumpa lagi bersama saya, untuk kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai Sistem Pendukung Keputusan. Apa itu Sistem Pendukung Keputusan, Manfaat dari Sistem Pendukung Keputusan, dan Apa saja metode-metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan??? Anda penasaran….??? Silahkan lanjutkan membacanya sampai selesai.



Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mempermudah Decision Maker (si pengambil keputusan) dalam menentukan sebuah keputusan memilih berbagai alternatif keputusan yang diperoleh dari pengolahan informasi yang tersedia. Sistem Pendukung Keputusan dibuat dengan menggunakan metode algoritma pendukung keputusan.
Dalam membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan kita harus bisa mencapai tujuan dari Sistem Pendukung Keputusan. Tiga tujuan yang harus dicapai oleh sistem pendukung keputusan, yaitu:
Sistem harus dapat membantu manajer dalam membuat keputusan guna memecahkan masalah semi terstruktur atau tidak terstruktur.
Sistem harus dapat mendukung manajer, bukan mencoba menggantikannya.
Sistem harus dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer.


Seperti yang dijelaskan diatas, untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan kita meggunakan metode algoritma pendukung keputusan. Adapun macam-macam metode algoritma yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan adalah sebagai berikut :
1.  Metode Sistem pakar
2.  Metode Regresi linier
3.  Metode B/C Ratio
4.  Metode AHP
5.  Metode IRR
6.  Metode NPV
7.  Metode FMADM
8.  Metode SAW
Ada banyak metode algoritma pendukung keputusan yang digunakan, metode-metode algoritma pendukung keputusan ini akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

SAP SPK Download disini!!


EmoticonEmoticon