Tuesday, November 29, 2016

Definisi, Pengertian dan contoh Media Proses Komputer

Tags

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas Definisi/Pengertian dan contoh - contoh media proses pada komputer. semoga bermanfaat

Definisi / Pengertian Media Proses Komputer


Media proses Komputer – Proses merupakan instruksi atau perintah yang dilakukan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data pada sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh Cental Processing Unit (CPU).
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian dikeluarkan (output) dalam bentuk informasi kedalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling terhubung satu sama lain. 

Peralatan perangkat proses tersebut antara lain adalah :

1.      CPU atau Processor

Komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya CPU, CPU sering disebut sebagai otak komputer. CPU juga memiliki dua komponen dasar, yaitu unit control Arithmetic/Logical Unit (ALU)
2.      Motherboard
Motherboard merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah komputer. Motherboard berfungsi sebagai tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti RAM,Prosesor,VGA Card,LAN Card dan perangkat lainnya.
3.      Power Supply
Berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplay tegangan ke perangkat keras komputer (hardware). Power Supply memiliki dua jenis yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX.
4.      Memori (RAM)
Merupakan perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang hanya bersifat sementara,artinya jika komputer dimatikan maka data yang tadi disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis.
5.      Hardisk
Hardisk merupakan media penyimpanan data pada komputer yang bersifat permanen. Kegunaannya untuk menyimpan data dan program dengan skala besar.
6.      VGA
VGA merupakan komponen yang berhubungan dengan peralatan pemrosesan grafis.
7.      Sound Card
Berfungsi sebagai memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bias memasukkan data berupa suara atau mengeluarkan output berupa suara.


Kesimpulan:

Media Proses Komputer meliputi CPU atau Prosesor, Motherboard, Power Supply,Memory(RAM),Hardisk,VGA Card dan Sound Card. Yang sangat penting di dalam komputer.


EmoticonEmoticon