Thursday, November 17, 2016

Menu Pembelajaran, Pengantar, Persiapan, Penjelasan Umum Kegiatan Kepala Sekolah Pembelajar Daring

Tags

Menu Pembelajaran, Pengantar, Persiapan, Penjelasan Umum Kegiatan Kepala Sekolah Pembelajar Moda  Dalam Jejaring (daring) Kombinasi

Pengantar Kegiatan Kepala Sekolah Pembelajar Moda Daring Kombinasi



Kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam mengupayakan pengembangan  sekolah dan perannya sebagai pelaksana delapan standar nasional pendidikan. Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin satuan pendidikan dan pendidik.

Peran yang demikian penting dalam membangun iklim sekolah yang menyenangkan dan berkualitas berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik pada gilirannya dipengaruhi oleh kompetensi diri kepala sekolah. Berbagai kebijakan, program, dan kegiatan peningkatan kompetensi kepala sekolah telah digulirkan sesuai amanat kebijakan pemerintah, antara lain melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Model Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan berbasis kinerja telah diterapkan oleh Kepala SD dan SMP di 266 kabupaten/kota dan akan dikembangkan  lebih lanjut. Tahun 2016, pasca diselenggarakannya uji kompetensi kepala sekolah tahun 2015, pengembangan keprofesian berkelanjutan berbasis kompetensi dibangun dan dikenalkan menjadi Program Kepala Sekolah Pembelajar dengan empat modalitas yaitu tatap muka, dalam jejaring (daring), kombinasi (tatap muka dan daring), dan mandiri.

Modul yang digunakan dalam kegiatan Kepala Sekolah Pembelajar modalitas daring ini dikembangkan dari Modul Pengelolaan Peserta Didik Baru yang disusun dengan tujuan untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan Saudara sebagai kepala sekolah terkait.

Selama mengikuti kegiatan Kepala Sekolah Pembelajar modalitas daring ini, Saudara diharapkan mampu untuk membangun pengetahuan dan memecahkan masalah secara bersama-sama (konstruktivisme sosial) dengan mengkaji berbagai dokumen, berdiskusi, dan berbagi informasi serta pengalaman antar sesama peserta atau bersama fasilitator dan pengampu.


EmoticonEmoticon