Tuesday, January 30, 2018

RAD, phase, methodologies application

Tags

Pengertian Metode Rapid Application Development (RAD)

Rapid Application Development (Rad) Adalah model proses pembangunan perangkat lunak yang tergolong dalam teknik incremental (bertingkat). Rapid Application Development menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat, dan cepat. 

Sejarah model Rapid Application Development (RAD)

Rapid Application Development (RAD) adalah strategi siklus hidup yang ditujukan untuk menyediakan pengembangan yang jauh lebih cepat dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik. Siklus hidup Tradisional dirancang di tahun 1970¬an, dan masih banyak digunakan hingga saat ini, berdasarkan pendekatan terstruktur yang bertahap untuk mengembangkan sistem. Urutan atau langkah-¬langkah yang rumit ini memaksa user untuk keluar setelah menyelesaikan spesifikasi masing--masing sebelum pengembangan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Persyaratan dan perencanaan kemudian berhenti dan sistem diimplementasikan, dan diuji. Dengan konvensional metode, ada penundaan yang lama sebelum pelanggan dapat melihat hasil apapun dan proses pembangunan dapat mengambil waktu begitu lama sehingga pelanggan bisnis dapat mengubah secara mendasar sebelum sistem ini siap untuk digunakan.
Sebagai tanggapan terhadap, langkah searah Stagewise atau Model WaterFall, Barry Boehm, Ketua SW  Engineer  di TRW memperkenalkan  Model development  Spiral nya. Model Spiral adalah risiko¬driven, sebagai lawan dari kode¬driven, pendekatan yang menggunakan pemodelan proses daripada fase metodologi. Melalui modelnya, Boehm pertama kali diimplementasikan perangkat lunak prototyping sebagai cara untuk mengurangi risiko. Pengembangan proses Spiral Model memisahkan produk ke bagian¬-bagian yang kritis atau tingkat sementara melakukan analisis risiko, prototyping, dan langkah yang sama di setiap tingkatan. Demikian pula, Tom Gilb’s evolusioner Life Cycle didasarkan pada evolusi prototyping alasan mana prototipe tumbuh dan halus ke final produk. Model ini mirip dengan model waterfall.
RAD, phase, methodologies application

Kelebihan dan Kekurangan RAD

Kelebihan

  • Lebih efektif dari pendekatan air terjun dalam menghasilkan sistem yang memenuhi kebutuhan langsung dari pelanggan.
  • Cocok untuk proyek yang memerlukan waktu yang singkat.

Kekurangan

  • Sangat Tidak cocok untuk proyek skala besar.
  • Proyek bisa gagal karena waktu yang disepakati tidak dipenuhi.

Fase pendekatan Rapid Aplication Development:

  1. Bussines Modelling (Pemodelan Bisnis) Aliran informasi diantara fungsi-fungsi bisnis dimodelkan dengan informasi yang akan dibuat, yaitu sebuah sistem yang akan mengendalikan laporan keuangan agar lebih efektif memberikan laporan kepada Kepala Stasiun dan kantor pusat, serta membuat petugas administrasi lebih mudah dan cepat dalam memprosesnya.
  2. Data Modelling (Pemodelan Data) Aliran informasi yang ada pada pemodelan bisnis akan diolah menjadi sebuah data yang akan dibuat ke dalam suatu sistem. Data tersebut adalah objek-objek yang akan diteliti dan akan diproses dalam sistem yang akan dibuat / direncanakan, diantaranya adalah buku laporan keuangan, arsip, dan bukti-bukti yang berhubungan dengan transaksi penjualan tiket. 
  3. Process Modelling (Pemodelan Proses) Aliran informasi yang didefinisikan dalam fase pemodelan data akan diproses atau diimplementasikan dalam sebuah aplikasi. Gambaran pemrosesan diciptakan untuk menambah, memodifikasi, menghapus atau mendapatkan kembali sebuah objek data. Pada proses ini digambarkan struktur data yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi, rancangan aplikasi yang akan dibuat.
  4. Application Generation (Pembuatan Aplikasi) Rapid Application Development lebih banyak memproses kerja memakai lagi komponen program atau menciptakan komponen yang bisa dipakai lagi. Aplikasi telah diimplementasikan menjadi sebuah program laporan keuangan.
  5. Testing and Turn Over (Pengujian dan Pergantian Banyak komponen program yang telah diuji sebelumnya sehingga mengurangi keseluruhan waktu penguji. Tapi komponen baru harus diuji dan semua interface harus dilatih secara penuh.         



EmoticonEmoticon