Friday, April 15, 2022

Pengertian Sistem Informasi Perusahaan dan contohnya

Tags

 

Pengertian Sistem Informasi Perusahaan.

Sistem Informasi Perusahan adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secaran terintegrasi dan terkoordinasi

ENTIS  (  Enterprise Information System) Sistem ini mencakup seluruh set proses yang di gunakan oleh organisasi mendapatakan informasi ynag di butuhkan dengan mudah  Manufaktur; Penjualan ; Pembelian dan fungsi lainnya.

Tujuan Entis ; Mengumpulkan dan menyebab kna data ke seluruh proses yang terdapat di sebuah organisasi ; Entis menyediakan data yang di gunakan manajer untuk membuat keputusan dalam merencanakan dan mengedalikan proses bisnis.

Contoh  Entis; ERP meruapak system yang memungkinkan manajemen atau seluruh sumber daya manufaktur ( MRP) yang berasal dari area manufaktur perencanaann Startegi Informasi.



Evaluasi System Informasi  perusahanan

Dimulai dengan ide untuk membuat satu tempat penyimpana yang di akses oleh seluruh resource yang ada di dalam perusahaan, Menyatukan proses bisnis yang sebelumnya di padang sebagai proses yang terpisah.

Menggambarkan pola piker manajemen untuk memperlakukan bebagai proses yang terpisah tetapi berkaitan erat sebagai satu kesatuan.

Interprise Resauce planning merupakan seluruh system informasi berbagai proses di dalam batas perusahaan di konsolidasi.

            Penerapan system Informasi tedapat 3 hal ; pertama, pemilihan penjual perangkat lunak.  Kedua, pelatihan pemakai.  Ketiga, pendekatan peralihan.

            Kegagalan system informasi perusahaan mencangkup proyek yang di tinggalkan sebelum penerapannya ,  sehungga organisasi kembali menggukan system informasi perusahaan terdahulu.   Langkah yang dapat di ambil organisasi untuk meminumalkan kemungkian kegagalan system informasi perusahaan ;

-          Mengerti kerumitan organisasi

-          Mengenali yang dapat di ambil  menurun nilainya bial standarisasi di paksakan.

-          Mencapai consensus dalam organisasi sebelum memutuskan untuk  menerapkan system informasi perusahaan.

 

Level manajemen dalam organisasi untuk operasional taktis dan strategis

3 tingkatan manajemen  dan fungsi-fungsinya manajer adalah anggota organisasi yang bertanggung jawab atas kinerja anggota lainnya dalam suatu organisasi, Manajer memiliki wewenang, Formal untuk menggunakan sumber daya organisasi dalam membuat keputusan.  Dengan  kata lain manajer juga  dapat diartiakan pimpinan dalam sebuah organisasi dan juga sebagai pelaku manajemen dikatakan sebagai pelaku manajemen karena manajer lan yang bertugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengatur, bagaimana tim bekerja mencapai tujuan yang di tetapkan.

            Dalam suatu organisasi pada umumnya terdapat 3 level atau tiga tingkatan manajemen yaitu ;

-          Manajemen tingkat atas  (Top Level Management)

-          Manajemen Tingkat menengah ( Middel level Management )

-          Managemen Tingkat pertama ( Frist Level Management )  

 

Taktis dan strategi

a.       tingkat perilaku, strategi  di kembangkan manajemen puncak sedangkan taktik oleh manajemen rendah.

b.      Nilai- nilai subjectif, strategi lebih subjectif di banding taktik karena di kembangkan menurut pemikiran manajeman puncak.

c.       Kebutuhan informasi strategi lebih banyak membutuhkan informasi di banding taktik.

d.      Ketidak pastian,  strategi jauh lebih tidak pasti di banding taktik.

e.       Sudut pandang, strategi dirumuskan dari sudut pandang organisasi sedangkan taktik dari sudut pandang fungsional.

Level manajemen di bagi menjadi 3 level

*Managemen Tingkat pertama ( Frist Level Management )

 adalah manajemen yang bertanggung jawab atas operasional atau pekerjaan harian para karyawan dalam         menghasilkan suatu produk atau layanan.  Manajemen tinggat pertama ini biasanya memegang jabatan seperti Dapartment  Manager Section Manager  , Superintendent, Mandor  atau Supervisor.

Beberapa fungsi dan tugas manajemen level pertama :

1.      Memahami dan mempelajari masalah dan keluhan para pekerja operasional sebelum melaporkannya ke manajemen tingkat menengah.

2.      Menjaga kondisi kerja yang baik dan menjaga hubungan yang sehat antara atasan dan bawahan.

3.      Berkomukasi dengan karyawan dan mendengakan saran-saran karyawan serta mendorong para pekerja untuk mengambil inisiatif.

*Manajemen Tingkat menengah ( Middel level Management )

Manajemen Tingkat menengah ( Middel level Management )

Adalah manager yang berada di bawah manager tingkat atas.  Mereka biasanya memegang jabatan dengan nama jabatannya seperti General manager, Plant manager, factory manager, Regional  Manager ataupun Divisioan Manager.  Manager tingakt menengah ini bertanggung jawab untuk melaksankan rencana dan kebijakan.  Yang di tetapkan oleh menajemen tingkat atas serta bertindak sebagai penghubung antara manajemen tingkat atas dan manajeemen tingkat bawah.

 

Fungsi dan tugas manager di manajemen tingkat menengah  .

1.      Meng- interpresi- kan kebijakan yang disusun oleh manajemen puncak ( manajemen tingkat atas ) dan menjelaskannya ke tingkat manajemen yang lebih rendah, menengah, ini berfungsi sebagai penghubung antara manajemen tingkat atas dengan bawah.

2.      Memotivasi karyawannya untuk melakukan yang terbaik untuk dapartemennya misalnya menawarkan berbagai inisiatif tunjangan kepada karyawannya sehingga termotivasi dan melakukan yang tebaik agar dapat mencapai tujuan yang di harapkan.

3.      Mengawasi dan mengarahkan karyawan dapartemennya contoh seperti menyiapkan laporan, penilain karyawannya.

 

 

*Manajemen tingkat atas  (Top Level Management)

Adalah seorang yang mampu bekerja sama dengan orang lain dengan cara mengorganisasikan seluruh bentuk kegiatan nya secara bersama-sama agar bisa merealisasikan tujuan utama perusahanaa  pada umumnya, manajemen memiliki  kegiatan, tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda.  Tingkat management atau puncak adalah GM ( General manager ), CEO ( Chief Execiutive Officer ).

Fungsi dan tugas manager di manjement tingkat atas

1.      Menentukan tujuan perusahanan.  Tujuan tersebut bisa dalam bentuk jangka waktu panjang ataupun jangka pendek.

2.      Membuat kerangka rencana dan kebijakan.  Mengumpulkna dan juga mengatur seluruh sumber daya organisasi  perusahanaan agar bisa melakukan seluruh bentuk kegiatan dalam organisasi.

3.      Memiliki tanggung jawab penuh atas kelangsungan dan perkembangan organisasi perusahanaan.

 

Pengertian Transaction Processing System (TPS)

            Adalah system informasi yang terkomputerisasi yang di kembangka untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk trasnsaki bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.  Transacation Proseccing system merupakan system tanpa batas yang memungkinkan berinteraksi dengan lingkungan ekstenal kareana manager melihat data-data yang di hasilkan oleh TPS.   Berkembang dari system informasi manual tau system proses data dengan bantuan mesin menjadi system proses data electronic ( Electronic data processing system ). Internal maupun eksternal organisasi.

Contoh : Transaction Processing System membuat peryataan konsumen, cek gaji karyawan, kuwintansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening  keuangan.

 

Pengertian management Information System (MIS)

            Sistem informasi manajemen atau yang disingkat dengan SIM berasal dari bahasa inggris yaitu Management Information System. Adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian  internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen manusia  teknologi,serta prosedur dalam akuntansi manjemen. Umumnya sistem informasi manajemen digunakan untuk memecahkan atau memberikan solusi atas masalah bisnis seperti biaya produksi, layanan, atau strategi bisnis yang diterapkan.sistem informasi berbeda dengan sistem informasi biasa karena sistem ini digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.

Fungsi sistem informasi manajemen

1.      Mempermudah pihak manajemen dalam melakukan pengawasan, perencanaan, pengarahan, serta kinerja pada semua dapartemen yang berkoordinasi.

2.      Membantu danlam membandingkan kinerja bisnis. Sistem ini  menyimpan semua histori data dan informasi dalam bisnis data itu sebabnya sistem ini sangat berguna untuk membenadingkan kinerja organisasi bisnis.

Tujuan sistem informasi manajemen

1.      Memudahkan pekerjaan dan pengolaan manajemen dalam suatu perusahaan atau bisnis.

2.      Memecahkan berbagai masalah dalam bisnis yang meliputi layanan, biaya produk, serta strategis bisnis.

Contoh sistem informasi manajemen

1.      Executive support System:sistem ini akan membantu manajer untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan perusahaan bisnis. Caranya yaitu denagn memakai bantuan dari grafik serta pendukung dari komunikasi yang lain.

2.      Decision support system yang membantu manajer untuk mengambil keputusan dengan mengamati lingkungan dalam perusahaan . contoh DSS adalah link elektronik.

Pengertian Decision Support Systems (DSS)

            Decision  support system adalah bagian dari sistem menejemen pengetahuan yang memilki peran penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan untuk suatu organisasi atau perusahaan. Decision support system merupakan  yang berbasis computer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus menggunakan database untuk membantu proses peangambilan keputusan bagi manajer dan pengguna akhir informasi dihasilkan dalam bentuk laporan. Juga mampu mendukung proses analisa Ad Hoc pada data, pemodelan suatu keputusan,orientasi perencanaan diwaktu yang akan datang, serta berorientasikan pada suatu keputusan.

Contoh : decision support system jenis struktur adalah keputusan dalam hal memesan barang, meangih utang mengisi stok produk dan masih banyak lagi.

 

Pengertian Executive information system (EIS)

 
            sistem komputer –based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi manajer  dan eksekutif dalam mengakses informasi external maupun internal yang berguna untuk mengidentifikasi  atau  mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategis plaining.

Contoh :

1.      sistem informasi exekutif adalah semua data yang berkaitan dengan pengeluaran dan  penerimaan.

2.      Untuk informasi eksternal yang dibutuhkan eksekutif meliputi data oelanggan, pasar, pesaing dan pemasukkan.

Pengertian Executive Support System (ESS)

             Adalah sistem informasi yang memberi dukungan informasi secara komprehensip (menyeluruh) untuk para eksekutif/para senior manajer sebuah perusahaan atau organisasi untuk memberikan dukungan terhadap keputusan yang tidak terprogram dalam manajemen strategis.informasi ini sering bersifat eksternal, tidak terstruktur dann bahkan tidak pasti.informasi yang diberikan : informasi pasar,teknologi,dan investasi.

Contoh:

1.      Database Eksternal

2.      Laporan  pasar

3.      Informasi rahasia tentang pesaing

Laporan Keuangan Dan Laporan Keuangan Terkini

Pengertian Office Automation Systems (OAS)

            Ialah penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunukasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang didalam diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Otomatisasi kantor dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut magnetic tape/selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetic  seacara otomatis. Office Automation (OA) sytem mendukung pekerjaan pada suatu perusahaan secara luas, biasanya digunakan untuk meningkatkan aliran pekerjaan dan komunikasi antar sesame pekerja, tidak peduli apakah pekerja tadi berada disatu lokasi yang sama ataupun tidak.

Contoh:

1.      Electronic Mail, komunikasi surat menyurat melalui elektronik/internet.

2.      Voice mailing sistem, komunikasi suara yang dapat disimpan dalam memori dengan menggunakan telepon ataupun computer.

3.      Video converence, adalah fasilitas untuk berbicara denagn lebih dari satu orang lawan bicara melalui video,  baik dalam bentuk full motion (gerak penuh) maupun freeze frame (gambar beku).


EmoticonEmoticon